Resep Jamur Goreng Renyah

         Jamur merupakan salah satu bahan makanan favoritku. Saat musim hujan begini biasanya berbagai jenis jamur akan bermunculan. Tentu munculnya di tempat yang memungkinkan, bukan di sini yang hampir seluruh wilayahnya tertutup plesteran dan aspal. Di rumah Ngawi masih banyak ditemui berbagai jenis jamur sebagaimana jaman kecilku dulu, secara emang kondisi lingkungan belum banyak berubah, masih banyak kebon dan pokok-pokok pohon mati.Di situlah muncul berbagai jenis jamur, seperti jamur barat, jamur olan, jamur gigit, jamur cikrak, jamur spaki, jamur kidang, jamur lot, jamur merang, jamur so, jamur trucuk, jamur kuping.  Mungkin nanti aku harus membuat postingan tersendiri tentang jamur-jamur tersebut. Selain untuk mengenang masa kecil juga untuk mendokumentasikan berbagai jamur yang edible yang ada di sekitar kita.
       Beberapa hari lalu saat aku di Ngawi, pagi-pagi aku buka jendela dapur, dan whuuaaa..... di sebrang jendela, aku melihat pokok pohon mangga yang sudah mati penuh dengan jamur. Dengan excited aku teriak "Pak ...pak ...ning wit pelem kae akeh banget jamure. Enak dipangan po ora kae?" "Enak ... kae jamur lot" sahut bapak sambil bergegas mengambil tangga hendak memanen jamur tersebut. Tak berapa lama kemudian bapak sudah kembali dengan satu kresek jamur lot yang setara dengan satu ember cat ukuran 5 kg munjung. Wah banyak juga, enaknya diapaain yaa. Akhirnya jamur tersebut sebagian aku bothok, dan sebagian aku goreng, sisanya disimpen di kulkas. Berikut ini resepku menggoreng jamur lot tersebut (resep ini biasanya aku aplikasikan untuk jamur tiram). Resep ini tidak pakai ukuran, karena aku kira-kira saja.

Jamur lot goreng
Bahan:
- jamur lot
- tepung terigu
- tepung beras

Bumbu:
- garam
- bawang putih
- ketumbar

Cara membuat:
- Suwir-suwir jamur hingga pada ukuran pantas disuap :P
- Uleg bumbu hingga halus dan tambahkan air.
- Campur tepung beras dan terigu dengan jumlah 1:1
- Masukkan suwiran jamur ke dalam bumbu
- Kemudian guling-gulingkan pada tepung sambil ditekan-tekan.
- Goreng dalam minyak panas
- Setelah kecoklatan, angkat dan siap disantap :)

Comments

Popular posts from this blog

Tembang Dolanan Jawa

Kolam Renang Taji, Magetan

Dokter THT di Karanganyar