Bau Pasar ..

Seumur-umur di Solo baru kali ini aku nyemplung Pasar Gede. Kalau lewat sih sudah tidak terhitung lagi. Kebetulan hari ini tadi aku keliling daerah Gladag, cari kain di Pasar Beteng, beli ikan, tak ketinggalan makan mi kesukaan, Mie Gajah Mas. Ketika dari Beteng mau ke Pasar Ikan, aku keinget ga punya sayur buat masak besok, aku ajak Kang RW mampir di Pasar Gede yang berseberangan dengan Pasar Ikan. Jadi, sekalian aja satu parkir bisa ke tiga tujuan.

Motor diparkir di Pasar ikan, lalu jalan nyebrang ke Pasar Gede. Meski agak kurang yakin apa masih ada yang jualan (karena sudah sore), tapi aku cukup bersemangat. Sejarah je ...pertama kali ke pasar yang konon cukup terkenal ini.. hoho. Di pintu masuk pasar pertama aku lihat ada penjual perkakas rumah tangga seperti centong, pisau, sendok sayur dan teman-temannya. Orang-orang masih cukup banyak yang berseliweran, ayem lah hati ini, berarti masih ada yang jualan. Terlihat di lorong depan sendiri ada penjual sayur-sayuran. Begitu masuk dalam bangunan, hidung ini mulai cungar cungir. "Kok pesing gini ya pasar" gumamku. Dengan agak menahan napas aku lanjutin keliling. Kebanyakan pedagang memang sudah tidak ada alias tutup. Tapi masih cukup bila mau belanja sesuatu.Paling banyak yang masih buka adalah pedagang buah.

Baru keliling dua lorong aku merasa sudah ga nyaman sama sekali. Campuran antara bau pesing yang cukup menyengat, kecoak dan apegnya sisa-sisa dagangan. Kuajak Pip untuk segera keluar. Aku tidak jadi beli apa-apa. Aku masih terus berpikir "apakah bau itu ada sejak pagi ketika banyak aktivitas jual-beli atau waktu sore saja karena kumpulan sisa-sisa aktivitas seharian?! Tak terbayang jika berbau begitu sejak pagi .. benar-benar tempat yang ga nyaman. Kubayangkan pasar-pasar di kampung sana, Pasar Gentong, Pasar Jogorogo. Meski ga bagus tapi lumayan, ga bau. Enak buat belanja.

Pikiranku tentang bau di pasar itu masih tetap melekat,.Ketika makan di Mie Gajah Mas sehabis dari Pasar Gede, aku melihat serombongan turis Belanda rame-rame naik becak dari depan pasar itu. Terlihat wajah-wajah antusias mereka dengan kayuhan abang-abang becak. Kawasan yang sangat potensial sebenernya untuk dikembangkan. Dengan kunci, Kebersihan.

Comments

Popular posts from this blog

Tembang Dolanan Jawa

Kolam Renang Taji, Magetan

Dokter THT di Karanganyar